Experiential Learning

LAYANAN EXPERIENTIAL LEARNING

Experiential Learning (EL) adalah metode belajar yang menekankan pada Proses Belajar dari Pengalaman Terstruktur yang Direfleksikan.

http://www.redavenueindonesia.com/wp-content/uploads/2020/11/kolb-cycle-300x300.png

Program pembelajaran yang menerapkan penggunaan metode EL dapat kita sebut sebagai EL Program. Dalam prakteknya, sebuah EL Program harus memenuhi paling tidak 3 unsur berikut, yaitu:

  • Proses Belajar yaitu proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar.
  • Pengalaman Terstruktur yaitu pengalaman yang diberikan dengan batasan-batasan sesuai pencapaian tujuan pembelajaran.
  • Direfleksikan yaitu harus dilakukannya observasi dan refleksi secara sengaja untuk ditarik inti/makna pembelajaran.

Tiga unsur ini yang membedakan EL Program dengan program pembelajaran yang lain. Hal ini juga yang membuat EL Program menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan belajar yang ditetapkan.

 

Sebuah Experiential Learning (EL) Program menggunakan landasan berpikir bahwa proses belajar yang melibatkan pembelajar secara aktif akan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut Peserta Belajar atau Pembelajar perlu diberikan Pengalaman Terstruktur yang akan membuat peserta terlibat langsung secara aktif dalam proses pembelajaran. Kemudian pengalaman yang didapatkan tersebut direfleksikan oleh peserta untuk ditarik makna pembelajaran dari pengalaman yang didapatkan.

Keterlibatan peserta dalam proses belajar membuat peserta memiliki keterikatan (engaged) terhadap proses belajar. Bentuk Pengalaman Terstruktur yang diberikan dalam sebuah Experiential Learning di Indonesia umumnya adalah sebuah hal di luar kebiasaan keseharian peserta sehingga akan memberikan tantangan baru yang memotivasi peserta untuk lebih terlibat dalam pembelajaran.

Pengalaman seperti simulasi, games, role play, petualangan alam bebas dan aktivitas seru lainnya selalu berhasil membuat peserta sangat menikmati proses belajar yang dilakukan.

Proses merefleksikan pengalaman yang dilakukan dengan menekankan pada kemandirian peserta dalam menarik kesimpulan atau makna pembelajaran, membuat peserta tidak merasa digurui, sehingga hasil belajar lebih diyakini dan dapat lebih lama bertahan dalam diri peserta.

Metode pembelajaran Experiential Learning inilah yang menjadikan landasan pelaksanaan program-program yang dilakukan oleh Red Avenue Indonesia dalam melaksanakan kegiatan Capacity Building, Character Building, Employee Engagement, Outbound Training dan Team Building.

Dalam pelaksanaannya, Kami telah menyelenggarakan kegiatan ini di wilayah Indonesia dan mancanegara seperti Team Building Singapore, Team Building Malaysia, Team Building Bangkok, Team Building Vietnam, Team Building Hongkong, Team Building China, Team Building Japan, Team Building Korea, Team Building France, dan Team Building Luxembourg.

Untuk mendapatkan program Experiential Learning untuk kegiatan Anda, silakan berdiskusi dengan Kami melalui telp. 021-7271600 atau via Chat Whatsapp melalui 08118022225.

  • Character Building Jakarta
    Character Building Jakarta

    Seruan untuk “Hidup Berdampingan dengan Corona” akan  membawa kita pada situasi Normal Baru (New Normal) yang membutuhkan proses belajar agar kita mampu beradaptasi dan bangkit kembali setelah masa pandemi.

    Program Pengembangan Kapasitas…

  • Outbound Indonesia
    Outbound Indonesia

    Industri Outbound Indonesia atau lebih tepatnya industri Experiential Learning di Indonesia umumnya melaksanakan program Recreational, Educational & Developmental. Secara umum, Industri EL di Indonesia bergerak pada…

  • Team Building Jakarta
    Team Building Jakarta

    Red Avenue Indonesia sebagai penyelenggara kegiatan Team Building di Indonesia dan mancanegara siap membantu Tim Anda menjadi Great Team!.

    Aktifitas membangun tim (Team Building) adalah rangkaian latihan yang membantu tim Anda…

WhatsApp WhatsApp us